Sore Hari Di Sarang Udang

Beberapa waktu lalu ane ditugasin untuk menjemput peserta program kerja sama teknik Intensive Training on Shrimp Culture yang translate an langsungnya latian nangkep udang.

Peserta pelatihan ini orangnya baik baik….meski mereka dari berbagai negara yang berbeda (Bangladesh, Maldive, Sri lanka, Pakistan, kamboja, myanmar, dst) ada 10 peserta dari negara – negara berbeda dan mereka bertekad agar suatu hari bisa menangkap udang dengan baik dan benar.

Cara cara membesarkan dan menangkap udang itu macem macem…….ada yang disebut ablasi mata…melihat kejanggalan namanya langsung pemuda kritis manis tanjung kimpul mengajuken pertanyaan penting yaitu :

si adib : pak toilet di mana ?
si bapak instruktur : o di sana sambil menunjuk ke arah toilet yang banyak ikan sapu sapunya (here…fishy fishy…here fishy fishy…sambil memberik makan di toilet)
si adib : (setelah balik dari toilet) pak apakah ablasi mata itu ?
si bapak instruktur : ablasi mata itu pembutaan satu mata udang jantan agar bisa kawin dengan udang betina, karena ketika dipotong matanya akan mengeluarkan hormon yang merangsang
si adib : (dalam hati langsung coba memposisikan diri di dunia perudang – udangan)

udang betina1 : Wuihhh duh deg degan liat tu lekong bo’
udang betina2 : mana mana cinnn ?
udang betina1 : itu bo’ kedipannya duhhh bikin gimana gitu
udang betina2 : iya kedipan manisnya lama banget ya bo’ tahan gitu
udang betina1 : iya kedipannya permanen bo’
udang betina2 : itu di mata yang ngedip satu hphhh keluar cairan cairan cinta gitu

udang laki : hi ladies….check out my new look…how do you like my eye (non plural)

udang betina 1 dan 2 : duhhh udang bule brondong

Bapak instruktur : Jelas ?
adib : kurang lebih (sambil nyengir tersadar dari bayangan)

seperti yang ane bilang di awal, orang orang ini sangat akrab satu sama lain. bahkan banyak yang agak agak saling menoyor kepala satu sama lain….(mulai mulai kecenderungan ke arah anarkis)

pada suatu hari kita ajak ke restoran yang namanya ngelaras roso di Semarang. Ngelaras roso ini termasuk restoran unik, jadi di lantai duanya itu ada buffet traditional food yang ruangannya agak agak dibuat kayak “Pegawai – negeri function” gitu

dimana ada penyanyi lagu lagu lama dan antrian panjang pegawe pemda , kepolisian, dan lainnya pada mau menyjmbangkan suara emasnya. Ada satu bapak gemuk yang kumisnya kayak ikan lele nyanyi lagunya all out banget sampe merem merem…dan vibra suaranya agak agak ke arah kroncong – kroncong gothic gitu, karena suaranya bikin merinding dan bikin rasa jus alpukat jadi kayak jus mengkudu.

ternyata budaya nyanyi menyanyi itu adalah sesuatu yang rada rada aneh bagi orang pakistan

the pakis : is it common ? is it a part of culture that Indonesian always singing like this….they took a friggin que to go on that stage

the adib : well, almost all of Indonesian are keen of music…but not all of us actually sings…..If I sing…maybe birds on galapagos will prefer to select themselves even before the nature pick them…and maybe darwin might create a new theory.

the pakis : chuckle……I dont know what you mean

the adib : yea…my voice is terribble

the pakis : that…I understand

the adib : (sial)….so do you have favorite singer yourself ?

the pakis : Well…I am not a music person…I like shrimp better

the adib : I see….. (langsung speechless)

the pakis : These people that sing on the stage….they wrote the song themselves

the adib : hahahahhahahahhaa………

you got me….I know what you mean…they sing it so different with the genuine one as if they reinvented it…hahah ?

the pakis : so…they wrote it ? (muka serius)

the adib : (hah ? ga becanda ni orang)…..they sang other’s people song…like this one…he singing michael jackson’s song

the pakis : hmmm….michael jackson…..so he quite basket ball and start to sing…chicago bulls

the adib : no…its michael Jordan….you dont know michael jackson ?

the pakis : he definitely not my relative…is he yours ? (sambil ketawa….)…I am joking

the adib : OWWW…heheheheh….yea yo got me twice…..touchee…..(o becanda dia heheh kirain)

the pakis : so…why he quit as a pitcher…in major league and start singing ?

adib : ………………

sore di Semarang jadi agak lebih lama

Satu Tanggapan

  1. Wah harusnya Adib nyanyi Kopi Dangdut donk, biar tuh orang pakistan termehek-mehek … 😆

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: