Archive for April, 2010

Sworn Translator
April 22, 2010

Pagi ini kayak biasa lah masuk ke “prep school” nya ADS yang 6 minggu yang udah berjalan sekitar 5 mingguan gitu. Tapi pagi ini dapet berita ngga ngenakin banget, soalnya ternyata IELTS nya kurang di writing. Hmmm….ga heran sih kurang, jangankan nulis susah  susah pake inggris…wong nulis laporan resmi pake bahasa Endonesa aja kalo dibaca strukturnya mirip sama cerita si kancil anak nakal suka mencuri ketimun.

Meskipun udah sering ngaku kalo dirinya ngga punya bakat nulis sama sekali, tapi tetep rasanya kecewa…kenapa sihhhh monash uni itu kok ngga ngasih sedikit aja kelonggaran…padahal udah ane kirimin tuh surat miskin dan kartu member sekolah kejar paket C, mbok bagi yang IQ nya agak agak miring ke arah anak di bawah umur itu dikasih kesempatan menikmati sekolah di luar negeri sambil jadi calo tiket nonton footy.

Nasib….jadi akhirnya tadi harus mencari dokumen – dokumen yang diperlukan untuk memenuhi “conditional” offernya. Salah satu syaratnya adalah, ane harus ngasih untranslated version of transcript, padahal emang aslinya transkripnya bahasa inggris, meskipun muka kayak didaur ulang berkali – kali gini, tapi kan ane sekola di international program, yang mana daripada sehari – harinya pake bahasa enggris dong ahhh…

Waktu kuliah S 1 aja ane fluent banget bahasa inggrisnya…(langsung mengingat – ngingat masa lalu )

Lecturer : Adib please define marketing

Adib : Marketing is the place where you buy groceries, quoted from : “Oxford Learning dictionary,  2002”

Lecturer : Are you making fun of this class?

Adib : Making everybody fun is happy for me sir

Lecture : You better get out now

Adib : You are good teacher……you know what is better for me

Ngga deng, ngga kayak gitu kejadiannya, ngga mungkin ane kayak gitu, maksudnya ngga mungkin ane bisa fluent gitu, soalnya biasanya bawa komik ke kelas dan mulai independent learning

Eniwei, akhirnya ane memutuskan untuk mencari sworn translator untuk menerjemahkan si transkrip tersebut. Pas nyampe di sana ternyata tu orang, dari Banyumas. Mengetahui daerah asal orang itu, rasanya jadi seneng (ketemu orang serumpun) dan gelisah karena jadi ragu. Tapi sebenernya dari dulu saya selalu bingung kenapa translator itu harus disumpah ? emangnya dokter ?  emangnya kalo salah translate menyebabkan kualat ? akhirnya ane menemukan alasannya  pada percakapan tadi siang :

Saya : gimana mas bisa ngga translate nya

Sworn translator : Yha Bhisa lagh…ghini khan makhanan sehHari hHari.

Saya : (dalam hati : tiap hari makan transkrip ya makanya ngomongnya gitu)…hmm jadinya berapa mas?

Sworn translator : 150.000 rupiah 3 lembar

Saya : Oh oke (dengan muka seolah mampu bayar)….padahal dalam hati : SUMPAH NIH ORANG MAHAL BANGET…PAPAAN NEEHHH EMANGNYA GWE NYETAK DUIT….GWE SUMPAHIN MANDUL LO…..SUMPAH NI ORANG GA TAU ADAT

Jadi memang namanya cocok…soalnya para penerjemah itu ngasih harganya harga khayangan yang udah diinflasi makanya pasti banyak orang yang nyumpahin….(investigasi yang luar biasa)

Doain ya friends….mudah mudahan saya bisa lulus keterima kuliah dan kabur dari ker….eh maksud saya agar jadi orang yang berguna bagi nusa bangsa dan agama….amin

Lost in Translation
April 3, 2010

Jadi bulan Mei – Juni ini KST lagi hajatan abis abisan…..mending kalo bisa bawa pulang makanan sisa…satu bulanan ini aja ada beberapa kegiatan yang hampir bersamaan, which is good sebenernya jadi kreatifitas ngga abis di notes kurang kerjaan heheheh

jadi tugas utama dari pemuda lugu namun senang dirayu adib zaidani abdurrohman ini adalah menelpon para peserta dari luar negeri untuk dibayarin, diseneng – senengin…in other words….diundang dalam annual expert meeting for disaster risk mangement.

saking banyaknya yang ditelpon…hasilnya adalah kurang konsentrasi dan tidak bisa disembuhkan meski dengan ngemil makanan – makanan yang bukan hak nya yang ada bertebaran di direktorat tercinta ini.

hari ini jadwalnya adalah maksa peserta dari maldive untuk kepastiannya dia dateng apa ngga

secara ini peserta dari maldive konon katanya muslim dan sangat taat jadilah kite gunakan ikhwan punya style….kita pake salam dan shalawat sebelum ngejeblagin kite punye maksud.

kringgg………diangkat

si maldive : Hello

mendadakikhwan : Assalamu’alaikum Mr.Murthala, My name is Adib (qolqolah) Zaidani Ab (qolqolah)durroh (ha kecil) man from directorate of technical cooperation indonesian ministry of foreign affairs.

si maldive : diem (Hello)

mendadakikhwan : I am calling from Jakarta – Indonesia Sir to confirm about your attendance in this upcoming june event

si maldive : nyepnamtemkun kap nyam chongchok sem chom methnamm samonnyam nyam nyam (kira kira kedengerannya kayak gitu)

mendadakikhwan : (berpikir keras kenapa gwe dibales bahasa maldive sih – wah negara madikipe nih)

mendadakikhwan : hello…..hello……

si maldive (?????) : this methong kamsay from metnam (vietnam) speaking

mendadakikhwan : (hampir rasanya mau copot jantung) sori maaf salah sambung kirain maldive<——– ngomong pake bahasa indonesia karena panik

ternyata sodara sodari terbukti ni si ikhwan kurang dzikir dan kebanyakan ngemil yang bukan haknya ternyata dia menelpon ke vietnam dengan nomer yang hampir mirip dengan peserta dari vietnam….singkat kata dia nelpon ke rumah tangga orang laen yang kaga ada sangkut pautnya dengan expert meeting di belahan vietnam sana.

Jadi berpikir: oo pantes kenapa ane kaga pernah diterima kerja di call center…..it seems me + many telephone numbers = lieur

udah ah bobo

adib

Sore Hari Di Sarang Udang
April 3, 2010

Beberapa waktu lalu ane ditugasin untuk menjemput peserta program kerja sama teknik Intensive Training on Shrimp Culture yang translate an langsungnya latian nangkep udang.

Peserta pelatihan ini orangnya baik baik….meski mereka dari berbagai negara yang berbeda (Bangladesh, Maldive, Sri lanka, Pakistan, kamboja, myanmar, dst) ada 10 peserta dari negara – negara berbeda dan mereka bertekad agar suatu hari bisa menangkap udang dengan baik dan benar.

Cara cara membesarkan dan menangkap udang itu macem macem…….ada yang disebut ablasi mata…melihat kejanggalan namanya langsung pemuda kritis manis tanjung kimpul mengajuken pertanyaan penting yaitu :

si adib : pak toilet di mana ?
si bapak instruktur : o di sana sambil menunjuk ke arah toilet yang banyak ikan sapu sapunya (here…fishy fishy…here fishy fishy…sambil memberik makan di toilet)
si adib : (setelah balik dari toilet) pak apakah ablasi mata itu ?
si bapak instruktur : ablasi mata itu pembutaan satu mata udang jantan agar bisa kawin dengan udang betina, karena ketika dipotong matanya akan mengeluarkan hormon yang merangsang
si adib : (dalam hati langsung coba memposisikan diri di dunia perudang – udangan)

udang betina1 : Wuihhh duh deg degan liat tu lekong bo’
udang betina2 : mana mana cinnn ?
udang betina1 : itu bo’ kedipannya duhhh bikin gimana gitu
udang betina2 : iya kedipan manisnya lama banget ya bo’ tahan gitu
udang betina1 : iya kedipannya permanen bo’
udang betina2 : itu di mata yang ngedip satu hphhh keluar cairan cairan cinta gitu

udang laki : hi ladies….check out my new look…how do you like my eye (non plural)

udang betina 1 dan 2 : duhhh udang bule brondong

Bapak instruktur : Jelas ?
adib : kurang lebih (sambil nyengir tersadar dari bayangan)

seperti yang ane bilang di awal, orang orang ini sangat akrab satu sama lain. bahkan banyak yang agak agak saling menoyor kepala satu sama lain….(mulai mulai kecenderungan ke arah anarkis)

pada suatu hari kita ajak ke restoran yang namanya ngelaras roso di Semarang. Ngelaras roso ini termasuk restoran unik, jadi di lantai duanya itu ada buffet traditional food yang ruangannya agak agak dibuat kayak “Pegawai – negeri function” gitu

dimana ada penyanyi lagu lagu lama dan antrian panjang pegawe pemda , kepolisian, dan lainnya pada mau menyjmbangkan suara emasnya. Ada satu bapak gemuk yang kumisnya kayak ikan lele nyanyi lagunya all out banget sampe merem merem…dan vibra suaranya agak agak ke arah kroncong – kroncong gothic gitu, karena suaranya bikin merinding dan bikin rasa jus alpukat jadi kayak jus mengkudu.

ternyata budaya nyanyi menyanyi itu adalah sesuatu yang rada rada aneh bagi orang pakistan

the pakis : is it common ? is it a part of culture that Indonesian always singing like this….they took a friggin que to go on that stage

the adib : well, almost all of Indonesian are keen of music…but not all of us actually sings…..If I sing…maybe birds on galapagos will prefer to select themselves even before the nature pick them…and maybe darwin might create a new theory.

the pakis : chuckle……I dont know what you mean

the adib : yea…my voice is terribble

the pakis : that…I understand

the adib : (sial)….so do you have favorite singer yourself ?

the pakis : Well…I am not a music person…I like shrimp better

the adib : I see….. (langsung speechless)

the pakis : These people that sing on the stage….they wrote the song themselves

the adib : hahahahhahahahhaa………

you got me….I know what you mean…they sing it so different with the genuine one as if they reinvented it…hahah ?

the pakis : so…they wrote it ? (muka serius)

the adib : (hah ? ga becanda ni orang)…..they sang other’s people song…like this one…he singing michael jackson’s song

the pakis : hmmm….michael jackson…..so he quite basket ball and start to sing…chicago bulls

the adib : no…its michael Jordan….you dont know michael jackson ?

the pakis : he definitely not my relative…is he yours ? (sambil ketawa….)…I am joking

the adib : OWWW…heheheheh….yea yo got me twice…..touchee…..(o becanda dia heheh kirain)

the pakis : so…why he quit as a pitcher…in major league and start singing ?

adib : ………………

sore di Semarang jadi agak lebih lama

Pertarungan aroma India VS Purbalingga
April 3, 2010

Pertarungan sengit ini terjadi sekitar beberapa tahun yang lalu waktu saya pulang dari suatu negeri yang jauh. Waktu perjalanan dari Heathrow ke Jakarta memakan waktu kurang lebih 13 jam – an gitu deh. Dan trust me my friend, waktu 13 jam itu terasa lebih – lebih lama dari nunggu kura kura keliling jupiter.

kenapa …. karena saya sebelahan dengan orang india yang KEBETULAN abis mandi wajib pake semua bawang bombay yang dijual di new delhi. however, hati tetep tabah, meski dikhianati oleh hidung sendiri selama 13 jam dan tidak bisa tidur sama sekali, karena sekalinya terlelap…..yang ada di mimpi adalah saya sedang di “harrased” oleh monster bawang bombay.

setelah baca – baca ayat kursi, akhirnya saya bertekad untuk melakukan perlawanan yang cukup sengit. Bukan kebetulan saya adalah keturunan orang Purbalingga KOTA PENGRAJIN KNALPOT. Kebetulan perut sudah mules diracuni lewat udara, sesegeralah saya melakukan air – exhaust alias kentut. ck ck ck ck……jangan salah kawan…….my fart..is not any ordinary fart…..it is silent, it is fast, it emotion-less, yet it is lethal…..bagi orang yang sudah pernah menjadi victim, di sisa hidup mereka, they call my fart….as ninja fart.

si India have know idea…apa yang akan menimpanya. My first “assault” went smooth, si India masih diam saja, tapi sebenernya kentut itu merusak syaraf – syaraf terluas saja. Second assault, dia mulai tengok kanan tengok kiri, bombardment yang ketiga dia mulai ngelihat ke saya….but i am pretending to sleep…and showing a flat innocence boy yang takut ketinggian.

akhirnya sampai dia bilang : “GOD….this plane smells horrible……are we passing through a sort of cloud of with high density of pollution ”

sambil rada rada merem ane bilang : “or maybe cloud full of emission from onion snack factory.”

there you go the battle won by the purbalinggan jejaka with ultimate deadly fart

salam

Blog ini dan saya
April 3, 2010

Wah ternyata WordPress ini adalah tempat yang sangat mewah untuk menulis yahh…..

Anyway…Ini adalah blog saya, seorang foreign service officer  yang belum pernah penempatan hehehe…blog ini  isinya kurang lebih sebuah pembuktian bahwa….ngga semua pekerja institusi yang mengurusi luar negeri yang direkrut itu cerdas….maybe few or there’s one of them yang keselip adalah orang biasa yang bisa anda temukan sedang nongkrong di pinggir tong sampah komplek rumah sambil makan es mambo dan gemar baca Koran kriminalitas poskota.